Langsung ke konten utama

APA ITU FIBER OPTIK???



A. Pendahuluan

Hay kawan saya akan berbagi mengenai apa itu sih fiber optik (FO). Mohon disimak ya !!!

A.1 Pengertian

Fiber optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain

A.2 Latar Belakang dan Batasan Permasalahan

Dibandingkan dengan media transmisi lainnya, fiber optik sekarang sudah mulai banyak digunakan karena kelebihannya, salah satunya yaitu kecepatan yang mencapai GB hingga TB.

A.3 Maksud dan Tujuan

Memperkenalkan teknologi Fiber Optik.

A.4 Hasil yang Diharapkan

Dapat memperdalam tentang Fiber Optik.

B. Alat dan Bahan

- Komputer.
- Referensi.

C. Jangka Waktu Pelaksanaan

3,5 Jam

D. Tahapan Pelaksanaan

- Karakteristik Fiber Optik, diantaranya :
1. Sumber cahayanya berasal dari laser atau LED sebagai transmitter. Dengan kecepatan cahaya pada umumnya adalah 108.
2. Bandwidth hingga TeraByte.
3. Menggunakan model jaringan Point-to-point.
4. Bekerja dengan cara mengubah sinyal elektrik menjadi digital dan kembali lagi menjadi elektrik, sehingga tidak menggunakan gelombang listrik.
5. Termasuk dalam OSI Layer 2.
- Bagian-bagian Fiber Optik :

1. Core (inti) merupakan bagian terdalam yang berupa silinder kaca atau plastik yang membentang sepanjang serat.
2. Cladding merupakan komponen yang terbuat dari kaca dan berfungsi sebagai pelindung core/inti, serta mempunyai indeks lebih rendah dari core.
3. Coating (mantel) merupakan lapisan yang terbuat dari plastik dan berfungsi yang melindungi gangguan dari luar seperti lengkungan kabel dan kelembaban udara yang dapat mengakibatkan kerusakan pada lapisan dalam.
4. Strength Member & Outer Jacket merupakan lapisan terluar dari fiber optik.
- Jenis/pembagian fiber optik :
1. Berdasarkan mode rambatnya :
a. Single mode : serat optik dengan inti (core) yang sangat kecil (biasanya sekitar 8,3 mikron), diameter intinya sangat sempit mendekati panjang gelombang sehingga cahaya yang masuk ke dalamnya tidak terpantul-pantul ke dinding selongsong (cladding).
b. Multi mode  : serat optik dengan diameter core yang agak besar yang membuat laser di dalamnya akan terpantul-pantul di dinding cladding yang dapat menyebabkan berkurangnya bandwidth dari serat optik jenis ini.
2. Berdasarkan indeks bias core :
a. Step indeks : pada serat optik step indeks, core memiliki indeks bias yang homogen.
b. Graded indeks : indeks bias core semakin mendekat ke arah cladding semakin kecil. Jadi pada graded indeks, pusat core memiliki nilai indeks bias yang paling besar. Serat graded indeks memungkinkan untuk membawa bandwidth yang lebih besar, karena pelebaran pulsa yang terjadi dapat diminimalkan.
- Kelebihan fiber optik :
1. Lebar jalur besar dan kemampuan dalam membawa banyak data, dapat memuat kapasitas informasi yang sangat besar dengan kecepatan transmisi mencapai gigabit-per detik dan menghantarkan informasi jarak jauh tanpa pengulangan.
2. Biaya pemasangan dan pengoperasian yang rendah serta tingkat keamanan yang lebih tinggi.
3. Ukuran kecil dan ringan, sehingga hemat pemakaian ruang.
4. Imun, kekebalan terhadap gangguan elektromagnetik dan gangguan gelombang radio.
5. Non-Penghantar, tidak ada tenaga listrik dan percikan api.
6. Tidak berkarat.

E. Hasil yang Didapatkan

Mengenal teknologi fiber optik.

F. Temuan Permasalahan

Fiber optik mempunyai sensitifitas yang tinggi, sehingga jika terkena bagian inti yang mempunyai sensitifitas tinggi maka sangat berbahaya. Disinilah aspek K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) harus ditekankan.

G. Kesimpulan yang Didapatkan

Fiber optik merupakan teknologi yang mulai banyak digunakan. Namun dalam hal pemasangan ataupun sebagainya, butuh tenaga ahli di bidang tersebut. Salah satunya dengan sertifikasi.

H. Referensi dan Daftar Pustaka

Dhemit, Suro. “Ebook Fiber Optic APJATEL”. BLC Telkom Klaten.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SHARE DATA DI LINUX MINT MENGGUNAKAN SAMBA

Sharing With Samba!!!  A. PENDAHULUAN Hay kawan saya akan sharing mengenai tutorial untuk sharing file menggunakan jaringan di komputer melalui os linux dengan samba file sharing. saksikan yaaa. A.1 Pengertian Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan. Pengertian Sharing Data / Resource Sharing Dalam sistem terdistribusi  beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di

Apa itu Webmin ???

Asslamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan sharing mengenai webmin, apakah kalian sudah tau apa itu webmin? Kalau belum kita akan mengulasnya kali ini. Webmin   Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Like-Unix, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows.  Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol open source aplikasi, seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL.  Webmin terdiri dari web server sederhana dengan sejumlah program CGI yang langsung memperbarui file system  /etc/inetd.conf  dan  /etc/passwd . Web server dan semua program CGI yang ditulis dalam Perl v.5, dan tidak menggunakan modul Perl non-standart.   Gambaran Umum  Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl , berjalan sebagai proses sendiri dan web server .   Standarnya TCP pelabuhan 10000 untuk berkomunikasi, dan dapat dikonfi

Pengenalan Juniper Network

A.Pendahuluan          Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Introduce Juniper kepada teman-teman semua.Semoga bermanfaat bagi kita semua.         1.Pengertian Juniper Networks , Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California . Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP ( Internet Protocol ). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks , Ericsson , dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/ MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.         2.Latar Belakang Karena masih banyak dari kita yang tidak tahu mengenai Juniper,membuat saya terdorong untuk membuat artikel ini.        3.Maksud dan Tujuan Mengenal lebih dalam mengenai Juniper.        4.Hasil yang Didapatkan Dapat mengenal Juniper lebih dalam. B.Alat dan Bahan      1.PC/Laptop/Smartphone      2.Koneksi Internet C.Jangka Waktu       30 menit. D.