Langsung ke konten utama

SHARE DATA DI LINUX MINT MENGGUNAKAN SAMBA

Sharing With Samba!!! 


A. PENDAHULUAN

Hay kawan saya akan sharing mengenai tutorial untuk sharing file menggunakan jaringan di komputer melalui os linux dengan samba file sharing.
saksikan yaaa.

A.1 Pengertian

Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan.

Pengertian Sharing Data / Resource Sharing Dalam sistem terdistribusi  beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di komputer A.

A.2 Latar Belakang

Karena samba memberikan layanan berupa penyediaan file ataupun folder yang dapat diakses bersama-sama oleh para pengguna didalam suatu jaringan. File server juga sering juga disebut sebagai sistem file sharing.

A.3 Maksud dan Tujuan

Dapat membagi data di linux mint menggunakan SAMBA.

A.4 Hasil Yang Diharapkan

Bisa membagi/share data di linux mint

B. ALAT dan BAHAN

1. Laptop/PC
2. Kabel LAN
3. Akses internet (untuk install samba)

C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

Waktu pelaksanaan kurang lebih 20 menit sesuai pemahaman kalian.

D. TAHAP PELAKSANAAN

Buka Terminal, untuk menginstall samba tulis di terminal:
#apt-get Install samba
Selanjutnya konfigurasi samba
#sudo nano /etc/samba/smb.conf

Selanjutnya buat direktori
#sudo mkdir /home/yolan

Selanjutnya supaya file/data bisa muncul saat di share maka tulis perintah
#sudo chmod 777 /home/yolan
Selanjutnya restart: #sudo service networking restart
Selanjutnya buka folder yang dishare pc lain di direktori: CTRL+L smb://ip yang ngeshare

6. Klik folder hasil sharing, lalu klik Connect.


E. HASIL yang DIDAPATKAN

Mengetahui bagaimana konfigurasi jaringan peer-to-peer pada Linux.

F. TEMUAN PERMASALAHAN

Pada satu komputer lain, hasil koneksi adalah Destination Host Unreachable. Tapi pada saat terhubung ke komputer yang lain dengan IP Address yang sesama jaringan, bisa terhubung.

G. KESIMPULAN

Konfigurasi peer-to-peer yang sebelumnya hanya pernah saya lakukan pada Windows, umumnya sama pada Linux OS. Hanya saja untuk file sharing, terdapat aplikasi tambahan yaitu SAMBA server.

H. REFERENSI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa itu Webmin ???

Asslamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan sharing mengenai webmin, apakah kalian sudah tau apa itu webmin? Kalau belum kita akan mengulasnya kali ini. Webmin   Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Like-Unix, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows.  Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol open source aplikasi, seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL.  Webmin terdiri dari web server sederhana dengan sejumlah program CGI yang langsung memperbarui file system  /etc/inetd.conf  dan  /etc/passwd . Web server dan semua program CGI yang ditulis dalam Perl v.5, dan tidak menggunakan modul Perl non-standart.   Gambaran Umum  Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl , berjalan sebagai proses sendiri dan web server .   Standarnya TCP pelabuhan 10000 untuk berkomunikasi, dan dapat dikonfi

Pengenalan Juniper Network

A.Pendahuluan          Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Introduce Juniper kepada teman-teman semua.Semoga bermanfaat bagi kita semua.         1.Pengertian Juniper Networks , Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California . Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP ( Internet Protocol ). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks , Ericsson , dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/ MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.         2.Latar Belakang Karena masih banyak dari kita yang tidak tahu mengenai Juniper,membuat saya terdorong untuk membuat artikel ini.        3.Maksud dan Tujuan Mengenal lebih dalam mengenai Juniper.        4.Hasil yang Didapatkan Dapat mengenal Juniper lebih dalam. B.Alat dan Bahan      1.PC/Laptop/Smartphone      2.Koneksi Internet C.Jangka Waktu       30 menit. D.