Langsung ke konten utama

PENGKABELAN PADA JARINGAN

PEMBUATAN KABEL UTP/LAN
Pendahuluan

Pengertian
Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) adalah media transmisi dalam jaringan LAN (Local Area Network). Kabel UTP ini terbuat dari bahan tembaga, mempunyai isolasi dari plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang dapat melindungi dari api dan juga kerusakan fisik. Kabel UTP terdiri dari 4 pasang inti kabel yang saling berbelit dimana masing - masing memiliki kode warna yang berbeda.

Definisi kabel UTP adalah suatu jenis kabel yang dapat digunakan untuk membuat jaringan komputer. Kabel Twisted Pair Cable ini terbagi kedalam 2 jenis diantaranya, Shielded dan Unshielded. Shielded adalah jenis dari kabel UTP yang memiliki selubung pembungkus, sedangkan unshielded adalah jenis yang tidak mempunyai selubung pembungkus. Untuk koneksinya kabel jenis ini memakai konektor RJ-45 atau RJ-11.

Fungsi kabel UTP yaitu dapat digunakan sebagai kabel untuk jaringan Local Area Network (LAN) pada sistem network/jaringan komputer, dan umumnya kabel UTP memiliki kecepatan transfer data hingga 100 Mbps/s, dan juga dibagi menjadi kedalam beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data.

Jenis - jenis Kabel UTP:


  • CAT 1 – Kabel UTP Category 1 [Cat1] adalah jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang terendah, didesain untuk mendukung komunikasi suara analog saja.
  • CAT 2 – Kabel UTP Category 2 [Cat2] adalah jenis kabel UTP memiliki kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Cat1, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara digital. Kabel ini bisa mentransmisikan data sampai 4 megabit/detik.
  • CAT 3 – Kabel UTP Category 3 [Cat3] adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 2, jenis atau kategori ini didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik.
  • CAT 4 – Kabel UTP Category 4 [Cat4] adalah suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang jauh lebih lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 3 (Cat3) atau sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan juga suara sampai kecepatan 16 megabit/detik.
  • CAT 5 – Kabel UTP Category 5 [Cat5] adalah suatu jenis kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik jika dibandingkan dengan kabel UTP Category 4 (Cat4) atau yang sebelumnya, didesain untuk mendukung komunikasi data dan komunikasi suara pada kecepatan sampai 100 megabit/detik.
  • CAT 6 – Kabel UTP Category 6 [Cat6] adalah jenis standar kabel UTP dengan sertifikasi resmi paling tinggi.
  • CAT 7 – Kabel UTP Category 7 [Cat7] adalah jenis kabel premium yang sangat cocok sekali sebagai media yang high traffic berbagai macam aplikasi dalam 1 kabel (single cable). Maksimum data yang terkirim sampai 10 Gbit/detik, dengan frekuensi 1000 Mhz.

Cara Membuat Kabel UTP/LAN
Alat dan Bahan

  1. Tang Krimping ini adalah alat untuk mejepit kabel UTP ke konektor RJ45. Pastikan anda mempunyai tang krimping ini yang diperuntukan untuk konektor RJ45, dan mempunyai presisi yang kuat. Karena jika tidak kuat penjepitnya akan lebih mudah meleset pin tembaga RJ45nya.

  2. Konektor RJ45, Konektor adalah alat yang kita pasang pada ujung kabel UTP tujuanya agar kabel dapat kita pasang pada port LAN di perangkat jaringan kita.
  3. Kabel UTP/LAN, jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer berjenis kabel UTP Cat 5 yang berisi 8 kabel didalamnya.
  4. Cable tester adalah  alat untuk memeriksa kesempurnaan pemasangan kabel konektor LAN (RJ45). Fungsinya agar bisa mengetahui kabel LAN yang ingin kita pakai itu sudah bisa dipakai atau belum.
Jenis - Jenis Kabel LAN dan Pembuatannya
1. Kabel Straight
Kabel straight merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu dengan ujung yang lainnya.

Urutan standar kabel straight adalah seperti dibawah ini:
Pembuatannya:
1. Kupaslah terlebih dahulu ujung - ujung kabel menggunakan alat pengelupas kabel yang panjangnnya kurang lebih 3 cm.
2. Buatlah pola seperti yang ada digambar bawah ini agar mudah menyusun kabel.
3. Susunlah dan luruskan kabel sesuai urutan warna dari kabel straight, lalu rapatkan kabelnya.
4. Potong ujung kabel hingga sama panjangnya.

5. Selanjutnnya masukkan kabel yang sudah dipotong rata kedalam rj-45 hingga masuk sampai rata diujung dan kulit kabel juga harus masuk ke rj-45.

6.Selanjuttnya krimping kabel yang sudah dimasukkan ke rj-45 menngunakan tang krimping.
7. Terakhir uji kabel di tester apakah kabel sudah sesuai urutannya.

2. Kabel Cross
Kabel cross berfungsi menghubungkan dua perangkat yang sama contohnya komputer dengan komputer, hub dengan hub, dll.
Urutan Kabel cross:

Kurang lebihnya sama pembuatannya:
1. Kupaslah terlebih dahulu ujung - ujung kabel menggunakan alat pengelupas kabel yang panjangnnya kurang lebih 3 cm.
2. Buatlah pola seperti yang ada digambar bawah ini agar mudah menyusun kabel.
3. Susunlah dan luruskan kabel sesuai urutan warna dari kabel straight, lalu rapatkan kabelnya.
4. Potong ujung kabel hingga sama panjangnya.
5. Selanjutnnya masukkan kabel yang sudah dipotong rata kedalam rj-45 hingga masuk sampai rata diujung dan kulit kabel juga harus masuk ke rj-45.
6.Selanjuttnya krimping kabel yang sudah dimasukkan ke rj-45 menngunakan tang krimping.
7. Terakhir uji kabel di tester apakah kabel sudah sesuai urutannya.

Sekian Dari Saya Semoga Bermanfaat Untuk Kalian Terima Kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

SHARE DATA DI LINUX MINT MENGGUNAKAN SAMBA

Sharing With Samba!!!  A. PENDAHULUAN Hay kawan saya akan sharing mengenai tutorial untuk sharing file menggunakan jaringan di komputer melalui os linux dengan samba file sharing. saksikan yaaa. A.1 Pengertian Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan. Pengertian Sharing Data / Resource Sharing Dalam sistem terdistribusi  beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di

Apa itu Webmin ???

Asslamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan sharing mengenai webmin, apakah kalian sudah tau apa itu webmin? Kalau belum kita akan mengulasnya kali ini. Webmin   Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Like-Unix, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows.  Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol open source aplikasi, seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL.  Webmin terdiri dari web server sederhana dengan sejumlah program CGI yang langsung memperbarui file system  /etc/inetd.conf  dan  /etc/passwd . Web server dan semua program CGI yang ditulis dalam Perl v.5, dan tidak menggunakan modul Perl non-standart.   Gambaran Umum  Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl , berjalan sebagai proses sendiri dan web server .   Standarnya TCP pelabuhan 10000 untuk berkomunikasi, dan dapat dikonfi

Pengenalan Juniper Network

A.Pendahuluan          Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Introduce Juniper kepada teman-teman semua.Semoga bermanfaat bagi kita semua.         1.Pengertian Juniper Networks , Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California . Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP ( Internet Protocol ). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks , Ericsson , dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/ MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.         2.Latar Belakang Karena masih banyak dari kita yang tidak tahu mengenai Juniper,membuat saya terdorong untuk membuat artikel ini.        3.Maksud dan Tujuan Mengenal lebih dalam mengenai Juniper.        4.Hasil yang Didapatkan Dapat mengenal Juniper lebih dalam. B.Alat dan Bahan      1.PC/Laptop/Smartphone      2.Koneksi Internet C.Jangka Waktu       30 menit. D.