Langsung ke konten utama

Mengenal Apa Itu Mikrotik ?

A. PENDAHULUAN

A.1 Pengertian

Mikrotik adalah perusahaan kecil berkantor pusat di kota Riga, Latvia. Perusahaan ini dibentuk oleh John Trully dan Arnis Riekstins dan bergerak di bidang produksi perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (Software) yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer. Mikrotik didirikan pada tahun 1995 untuk mengembangkan router dan sistem ISP (Internet Service Provider) nirkabel.

A.2 Latar Belakang

Kurang tahunya mikrotik itu apa? Dan ingin lebih mengetahui mikrotik lebih banyak.

A.3 Tujuan

Paham maksud dan tujuan dari adanya mikrotik.

A.4 Hal yang Diharapkan

menggenal mikrotik lebih jauh.

B. ALAT DAN BAHAN

  • Laptop
  • Akses Internet
  • Ebook-mikrotik

C. WAKTU PELAKSANAAN

3 jam

D. TAHAP PELAKSANAAN

  • Sejarah Mikrotik
Pada tahun 1996 John dan Arnis memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar MikroTik bukan membuat Wireless ISP (WISP), tapi membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini, MikroTik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.

Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 - 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang.[3] Selain staf di lingkungan Mikrotik, menurut Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara maraton.
  • Jenis - Jenis Mikrotik

MikroTik RouterOS merupakan sistem operasi yang diperuntukkan sebagai network router. MikroTik routerOS sendiri adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya: Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya. MikroTik routerOS merupakan sistem operasi Linux base yang diperuntukkan sebagai network router. Didesain untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. Administrasinya bisa dilakukan melalui Windows Application (WinBox). Selain itu instalasi dapat dilakukan pada Standard komputer PC (Personal Computer). PC yang akan dijadikan router mikrotik pun tidak memerlukan resource yang cukup besar untuk penggunaan standard, misalnya hanya sebagai gateway. Untuk keperluan beban yang besar (network yang kompleks, routing yang rumit) disarankan untuk mempertimbangkan pemilihan sumber daya PC yang memadai.



Mikrotik RouterBoard Merupakan perangkat keras yang sudah disediakan oleh pihak mikrotik. Routerboard seperti sebuah pc mini yang terintegrasi karena dalam satu board tertanam prosesor, ram, rom, dan memori flash. Routerboard menggunakan os RouterOS yang berfungsi sebagai router jaringan, bandwidth management, proxy server, dhcp, dns server dan bisa juga berfungsi sebagai hotspot server.

Sistem Level Lisensi Mikrotik 
Mikrotik bukanlah perangkat lunak yang gratis jika anda ingin memanfaatkannya secara penuh, dibutuhkan lisensi dari MikroTikls untuk dapat menggunakanya alias berbayar. Mikrotik dikenal dengan istilah Level pada lisensinya. Tersedia mulai dari Level 0 kemudian 1, 3 hingga 6, untuk Level 1 adalah versi Demo Mikrotik dapat digunakan secara gratis dengan fungsi-fungsi yang sangat terbatas. Tentunya setiap level memilki kemampuan yang berbeda-beda sesuai dengan harganya, Level 6 adalah level tertinggi dengan fungsi yang paling lengkap. Secara singkat dapat digambarkan jelaskan sebagai berikut:
    • Level 0; tidak membutuhkan lisensi untuk menggunakannya dan penggunaan fitur hanya dibatasi selama 24 jam setelah instalasi dilakukan.
    • Level 1; pada level ini kamu dapat menggunakannya sbg fungsi routing standar saja dengan 1 pengaturan serta tidak memiliki limitasi waktu untuk menggunakannya.
    • Level 3; sudah mencakup level 1 ditambah dengan kemampuan untuk menajemen segala perangkat keras yang berbasiskan Kartu Jaringan atau Ethernet dan pengelolan perangkat wireless tipe klien.
    • Level 4; sudah mencakup level 1 dan 3 ditambah dengan kemampuan untuk mengelola perangkat wireless tipe akses poin.
    • Level 5; mencakup level 1, 3 dan 4 ditambah dengan kemampuan mengelola jumlah pengguna hotspot yang lebih banyak.
    • Level 6; mencakup semua level dan tidak memiliki limitasi apapun.
       Mikrotik memiliki seri routerboard yang juga bisa berfungsi sebagai wifi. sebagai wifi access point, bridge, wds ataupun sebagai wifi client. seperti seri RB411, RB433, RB600. dan sebagian besar ISP wireless menggunakan routerboard untuk menjalankan fungsi wirelessnya baik sebagai ap ataupun client. Dengan routerboard Anda bisa menjalankan fungsi sebuah router tanpa tergantung pada PC lagi. karena semua fungsi pada router sudah ada dalam routerboard. Jika dibandingkan dengan pc yang diinstal routerOS, routerboard ukurannya lebih kecil, lebih kompak dan hemat listrik karena hanya menggunakan adaptor. untuk digunakan di jaringan wifi bisa dipasang diatas tower dan menggunakan PoE sebagai sumber arusnya.

      Mikrotik juga menghadirkan sertifikasi Internasional untuk network engineer!!


      • MTCNA – MikroTik Certified Network Associate (Basic Essentials)
      MTCNA adalah sertikasi basic yang wajib dimiliki sebelum melanjudkan ke sertifikasi selanjudnya. Materi yang di bahas dalam MTCNA meliputi pengenalan dasar semua fitur yang ada pada mikrotik itu sendiri, serta implementasi dalam penggunaan fitur fitur mikrotik.

      • MTCWE – MikroTik Certified Wireless Engineer (Wireless)
      MTCWE adalah sertifikasi yang membahas wireless pada perangkat mikrotik.
      Pembahasan mengenai sertifikasi ini sebagai berikut:
      1. Wireless Fundamental
      2. Wireless Tools
      3. WDS dan MESH
      4. Troubleshooting wireless clients
      5. Wireless Security
      6. Wireless Advanced Setting
      7. Transparent Bridge
      8. Nstreme Protocol
      • MTCRE – MikroTik Certified Routing Engineer (Routing)
      MTCRE adalah sertifikasi yang akan membahas lebih banyak tentang  Routing baik routing statis maupun dynamis.
      Pembahasan mengenai sertifikasi ini sebagai berikut:
      1. Static Route, Policy Route, Route Mark
      2. OSPF
      3. Simple RIP
      4. MME
      5. Simple BGP
      6. Tunnel & VLAN
      • MTCTCE – MikroTik Certified Traffic Control Engineer (Traffic Control)
      MTCTCE adlah sertifikasi yang akan membaha lebih detail lagi tentang trafik control atau arus keluar masuk data.
      Pembahasan mengenai sertifikasi ini sebagai berikut:
      1. Advanced Firewall (connection tracking, mangle, filter, nat, address-list)
      2. Advanced DHCP and IP Pool
      3. Advanced Web Proxy
      4. Intrution Detection System
      5. Advanced QoS (Queue Tree, HTB, Burst)
      • MTCUME – MikroTik Certified User Management Engineer (User Manager)
       MTCUME adalah sertifikasi mikrotik yang membahas materi lebih expert mengenai management user.
      Pembahasan mengenai sertifikasi ini sebagai berikut:
      1. PPP Profile
      2. PPP Secret
      3. IP Pool
      4. PPTP dan L2TP
      5. User Manager
      6. PPTP Client&Server Configuration
      7. L2TP Client&Server Configuration
      8. PPPoE Server & Client
      9. Interface ECMP
      10. PPP Bridging
      11. L2TP with EoIP, VPLS, or BCP
      12. Multilink Protocol
      13. MLPPP
      14. IPSec
      15. Hotspot Login Method
      16. Hotspot User and Monitoring
      17. Hotspot Profile
      18. Hotspot Bypass
      19. Radius client & server
      • MTCINE – MikroTik Certified Inter-networking Engineer (Inter Networking)
      MTCINE adalah sertifikasi level tertinggi yang ada pada mikrotik. Untuk memiliki sertifikasi ini pasti mereka sudah mempunyai 5 sertifikasi mikrotik yang sudah saya bahas diatas tadi.
      Pembahasan mengenai sertifikasi ini sebagai berikut:
      1. Lebih mengarah ke routing BGP dan ke arah MPLS yang lebih detail atau expert.
      Kurang lebihnya seperti itu penjelasan saya mengenai mikrotik itu seperti apa!!
      untuk kalian yang masih ragu tentang mikrotik bisa tanya pada colom comment dibawah!!!! untuk yang senang dengan apa yang sudah saya tulis di blog ini mohon untuk di sharingkan kepada teman - teman IT kalian.

      E. HAL YANG DIDAPATKAN

      Lebih mengetahui mikrotik itu seperti apa.

      F. KESIMPULAN


      G. REFERENSI

      • Ebook - Mikrotik

      Komentar

      Postingan populer dari blog ini

      SHARE DATA DI LINUX MINT MENGGUNAKAN SAMBA

      Sharing With Samba!!!  A. PENDAHULUAN Hay kawan saya akan sharing mengenai tutorial untuk sharing file menggunakan jaringan di komputer melalui os linux dengan samba file sharing. saksikan yaaa. A.1 Pengertian Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan. Pengertian Sharing Data / Resource Sharing Dalam sistem terdistribusi  beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di

      Apa itu Webmin ???

      Asslamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan sharing mengenai webmin, apakah kalian sudah tau apa itu webmin? Kalau belum kita akan mengulasnya kali ini. Webmin   Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Like-Unix, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows.  Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol open source aplikasi, seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL.  Webmin terdiri dari web server sederhana dengan sejumlah program CGI yang langsung memperbarui file system  /etc/inetd.conf  dan  /etc/passwd . Web server dan semua program CGI yang ditulis dalam Perl v.5, dan tidak menggunakan modul Perl non-standart.   Gambaran Umum  Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl , berjalan sebagai proses sendiri dan web server .   Standarnya TCP pelabuhan 10000 untuk berkomunikasi, dan dapat dikonfi

      Pengenalan Juniper Network

      A.Pendahuluan          Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Introduce Juniper kepada teman-teman semua.Semoga bermanfaat bagi kita semua.         1.Pengertian Juniper Networks , Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California . Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP ( Internet Protocol ). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks , Ericsson , dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/ MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.         2.Latar Belakang Karena masih banyak dari kita yang tidak tahu mengenai Juniper,membuat saya terdorong untuk membuat artikel ini.        3.Maksud dan Tujuan Mengenal lebih dalam mengenai Juniper.        4.Hasil yang Didapatkan Dapat mengenal Juniper lebih dalam. B.Alat dan Bahan      1.PC/Laptop/Smartphone      2.Koneksi Internet C.Jangka Waktu       30 menit. D.