Langsung ke konten utama

Diskusi Mengenai Freenas dari Dhona

Diskusi Tentang FreeNAS Beserta Fitur-fiturnya


A.Pengertian
FreeNAS adalah gratis dan open source jaringan-attached storage (NAS) perangkat lunak berbasis pada FreeBSD dan OpenZFS sistem file. Hal ini berlisensi di bawah ketentuan Lisensi BSD dan berjalan pada komoditas x86-64 hardware. FreeNAS mendukung Windows , OS X dan Unix klien dan berbagai virtualisasi host seperti XenServer dan VMware menggunakan SMB , AFP , NFS , iSCSI , SSH , rsync dan FTP / TFTP protokol. Fitur canggih FreeNAS termasuk full-disk kriptografi dan plug-in arsitektur untuk perangkat lunak pihak ketiga.
FreeNAS dikelola melalui antarmuka web komprehensif yang dilengkapi dengan shell konsol minimalis yang menangani fungsi administratif penting. Antarmuka web mendukung kolam penyimpanan konfigurasi, manajemen pengguna, berbagi konfigurasi dan pemeliharaan sistem. Sebagai tertanam alat sistem, boot FreeNAS dari USB Flash perangkat atau SATA DOM . Gambar ini dikonfigurasi menggunakan USB Flash / CD-ROM installer bootable. The FreeNAS sistem operasi sepenuhnya independen dari disk penyimpanan, memungkinkan kunci konfigurasi database dan enkripsi yang akan didukung dan dikembalikan ke instalasi baru dari OS. Pemisahan ini juga memungkinkan untuk FreeNAS upgrade sistem yang akan dilakukan melalui antarmuka web. 
B.Sejarah
 Proyek FreeNAS dimulai pada bulan Oktober 2005 oleh Olivier Cochard-Labbe yang berdasarkan itu pada m0n0wall firewall tertanam dan FreeBSD 6.0 . Volker Theile bergabung dengan proyek ini pada bulan Juli 2006 dan menjadi pemimpin proyek pada bulan April 2008. Pada bulan September 2009, tim pengembangan menyimpulkan bahwa proyek, kemudian di rilis 0,7, adalah karena untuk penulisan ulang lengkap untuk mengakomodasi fitur modern seperti plug-in arsitektur. Volker Theile memutuskan bahwa proyek terbaik akan reimplemented menggunakan Debian Linux dan bergeser upaya pembangunan untuk proyek CoreNAS interim dan akhirnya OpenMediaVault mana ia terus sebagai pemimpin proyek. Cochard-Labbe merespons keberatan masyarakat untuk "The Debian versi FreeNAS" dan dilanjutkan kegiatan dalam proyek dan mengawasi transfer ke FreeNAS pengguna iXsystems . Pengembang Daisuke Aoyama dan Michael Zoon terus FreeNAS 7 pembangunan sebagai NAS4Free proyek sementara dan iXsystems menulis ulang FreeNAS dengan arsitektur baru berdasarkan FreeBSD 8.1, melepaskan FreeNAS 8 Beta pada bulan November 2010.The plug-in arsitektur tiba dengan FreeNAS 8.2 dan FreeNAS versi disinkronkan dengan FreeBSD untuk kejelasan. FreeNAS 8.3 diperkenalkan full-disk kriptografi berbasis 9.1 dan FreeBSD FreeNAS 9.1 membawa diperbarui plug-in arsitektur yang kompatibel dengan TrueOS Warden kerangka kerja manajemen penjara. FreeNAS 9.1 juga merupakan versi pertama dari FreeNAS menggunakan OpenZFS V5000 komunitas yang didukung dengan Flags Fitur. 
C.Kelebihan
 Mendukung Berbagai Pembuatan Storage/file Sharing, NFS,FTP, ISCSI, Berbagi Storage dengan tipe server Lain contoh proxmox atau vmware
Free nas mempunyai keunggulan di sisi pemakaian, yaitu enggak terlalu ribet memakai nya karena free nas mengadopsi web interface untuk meremote server free nas.
Penlindungan data (ZFS)
System backup
Diagnosa Smart disk
Adanya fitur enkripsi data yang berjenis kan Aes-Xts.  
Fitur dimana freenass mengijinkan aplikasi pihak ketiga untuk masuk (Plugin)
 Opensource/ Gratis  
Cocok Untuk pemula yang ingin belajar 
Kualitas perangkat dijamin oleh vendor pembuat dengan adanya garansi produk dan servis
Pemilihan perangkat NAS disesuaikan dengan budget dan kebutuhan serta pilihan merk
Kualitas software dikontrol secara ketat untuk menjamin keberlangsungan sistem
Mudah dikonfigurasi/digunakan (lebih user friendly)
D.Kekurangan 
Harga relatif mahal dengan fitur terbatas, penambahan fitur pemenambahan biaya
Upgrade hardware pada sistem NAS menengah kebawah sulit dilakukan (terbatasnya prosesor, memori dan bay hardisk)
Jika ditemukan bugs, harus menunggu patch dikeluarkan oleh vendor
Software bawaan tidak mudah untuk diubah source code-nya
Jika terjadi kerusakan pada salah satu komponen hardware cukup sulit mencari penggantinya 
E.Fitur-Fitur
Antarmuka web dengan enkripsi SSL opsional 
Diterjemahkan ke dalam lebih dari 20 bahasa  
Plug-in Architecture 
Termasuk Transmisi, Plex dan FireFly plug-ins 
kinerja grafik 
Email log dan pelaporan pemberitahuan 
file konfigurasi didownload dan enkripsi kunci 
sistem file V5000 OpenZFS dengan Flags Fitur 
batas penyimpanan teoritis dari 16 Exabytes 
sistem file snapshotting dan replikasi 
Enam tingkat kompresi file system termasuk LZ4 dan gzip 
enkripsi disk dengan GELI dan AESNI akselerasi hardware 
Disk deduplication 
diagnosa disk SMART 
UFS2, NTFS, FAT32 dan EXT2 / 3 membaca dukungan untuk impor data 
SMB, AFP, NFS, iSCSI, protokol SSH, FTP / TFTP 
LDAP dan dukungan Directory klien aktif dengan Windows ACL 
Apple Time Machine dukungan 
replikasi rsync 
Link agregasi dan failover 
jaringan VLAN 
klien DNS dinamis 
Terpencil syslogd forwarding 
pemantauan SNMP 
UPS (Uninterruptible power supply) dukungan 
iozone, netperf, OpenVPN, tmux dan utilitas lainnya 
F.Kesimpulan
Dalam menginstall FreeNAS alangkah baiknya sebelum menginstall FreeNAS kita mempelajari "Apa itu FreeNAS?" agar lebih faham dalam menjalankan FreeNAS. Berikut dokumentasi saat saya sharing tentang FreeNAS :


G.Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SHARE DATA DI LINUX MINT MENGGUNAKAN SAMBA

Sharing With Samba!!!  A. PENDAHULUAN Hay kawan saya akan sharing mengenai tutorial untuk sharing file menggunakan jaringan di komputer melalui os linux dengan samba file sharing. saksikan yaaa. A.1 Pengertian Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan. Pengertian Sharing Data / Resource Sharing Dalam sistem terdistribusi  beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di

Apa itu Webmin ???

Asslamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan sharing mengenai webmin, apakah kalian sudah tau apa itu webmin? Kalau belum kita akan mengulasnya kali ini. Webmin   Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Like-Unix, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows.  Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol open source aplikasi, seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL.  Webmin terdiri dari web server sederhana dengan sejumlah program CGI yang langsung memperbarui file system  /etc/inetd.conf  dan  /etc/passwd . Web server dan semua program CGI yang ditulis dalam Perl v.5, dan tidak menggunakan modul Perl non-standart.   Gambaran Umum  Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl , berjalan sebagai proses sendiri dan web server .   Standarnya TCP pelabuhan 10000 untuk berkomunikasi, dan dapat dikonfi

Pengenalan Juniper Network

A.Pendahuluan          Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Introduce Juniper kepada teman-teman semua.Semoga bermanfaat bagi kita semua.         1.Pengertian Juniper Networks , Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California . Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP ( Internet Protocol ). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks , Ericsson , dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/ MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.         2.Latar Belakang Karena masih banyak dari kita yang tidak tahu mengenai Juniper,membuat saya terdorong untuk membuat artikel ini.        3.Maksud dan Tujuan Mengenal lebih dalam mengenai Juniper.        4.Hasil yang Didapatkan Dapat mengenal Juniper lebih dalam. B.Alat dan Bahan      1.PC/Laptop/Smartphone      2.Koneksi Internet C.Jangka Waktu       30 menit. D.