Langsung ke konten utama

Virtual Private Server


Hasil gambar untuk virtual private server
A.Pendahuluan
       Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Virtual Private Server kepada teman-teman semua.Semoga dapat bermanfaat.

       1.Pengertian
Virtual Private Server (VPS) dibuat dengan membagi resource server fisik ke dalam server-server virtualisasi dimana resource dapat dialokasikan dengan suatu cara yang tidak  akan mempengaruhi hardware server secara langsung. Oleh sebab itu, di dalam VPS terdapat beberapa sistem operasi yang berjalan secara bersamaan.
       2.Latar Belakang
Biasanaya ketika kita ingin membuat server kita hanya bisa menginstall satu OS dalam satu fisik server.Ketika kita ingin membuat server lagi kita pasti harus membeli satu fisik server lagi.Dengan VPS kita dapat mengehemat biaya pengeluaran.Kita dapat menginstall beberapa OS dalam satu Server.Dengan ini kita dapat lebih menghemat biaya.
      3.Maksud dan Tujuan
Mendapatkan resource yang lebih pasti, baik CPU, memory, maupun spacenya. Sehingga tidak terganggu jika ada problem pada website tetangga. Juga mendapatkan root akses sehingga lebih leluasa dalam mengkostumasi server sesuai kebutuhan Anda.

B.Alat dan Bahan
    1.PC/Laptop
    2.Koneksi Internet

C.Jangka Waktu
    30 menit

D.Pembahasan
  Virtual Private Server ( VPS ) adalah mesin virtual yang dijual sebagai layanan oleh layanan hosting internet .
VPS (Virtual Private Server) adalah sebuah server yang dibagi menjadi beberapa VM (Virtual Machine), dimana setiap VM adalah berupa “Virtual Server” yang dapat diinstall system operasi tersendiri. VPS terasa seperti Dedicated server. Kelebihan dari VPS adalah dengan VPS Anda mendapatkan resource yang lebih pasti, baik CPU, memory, maupun spacenya. Sehingga tidak terganggu jika ada problem pada website tetangga. Juga mendapatkan root akses sehingga lebih leluasa dalam mengkostumasi server sesuai kebutuhan Anda. Kelebihan VPS dibandingkan dengan Dedicated server antara lain VPS lebih fleksibel.
VPS menjalankan salinan sistem operasi (OS) sendiri, dan pelanggan mungkin memiliki akses tingkat atas superuser ke instance sistem operasi tersebut, sehingga mereka dapat menginstal hampir semua perangkat lunak yang berjalan pada OS tersebut. Untuk banyak tujuan, fungsinya setara dengan server fisik khusus , dan didefinisikan oleh perangkat lunak, dapat dibuat dan dikonfigurasi dengan lebih mudah. Mereka harganya jauh lebih rendah dari server fisik yang setara. Namun, karena mereka berbagi perangkat keras fisik yang mendasarinya dengan VPS lainnya, kinerjanya mungkin lebih rendah, bergantung pada beban kerja mesin virtual pelaksana lainnya. Dedicated Server mungkin juga lebih efisien dengan proses CPU dependent seperti algoritma hashing .

Virtualization

Kekuatan yang mendorong virtualisasi server sama dengan yang menyebabkan perkembangan time sharing dan multiprogramming di masa lalu. Meskipun sumber daya masih dibagi, seperti di bawah model pembagian waktu, virtualisasi memberikan tingkat keamanan yang lebih tinggi, bergantung pada jenis virtualisasi yang digunakan, karena server virtual individu sebagian besar terisolasi satu sama lain dan mungkin menjalankannya sendiri sepenuhnya. Sistem operasi yang bisa di reboot secara mandiri sebagai contoh virtual.
Mempartisi server tunggal untuk muncul karena beberapa server semakin umum pada mikrokomputer sejak diluncurkannya VMware ESX Server pada tahun 2001. Server fisik biasanya menjalankan hypervisor yang ditugaskan untuk membuat, melepaskan, dan mengelola sumber daya dari "guest" operating system. , atau mesin virtual . Sistem operasi tamu ini dialokasikan bagian dari sumber daya server fisik, biasanya dengan cara dimana tamu tidak mengetahui adanya sumber daya fisik lainnya kecuali yang dialokasikan kepadanya oleh hypervisor. Sebagai VPS menjalankan salinan sistem operasinya sendiri, pelanggan memiliki akses tingkat atas superuser ke instance sistem operasi tersebut, dan dapat menginstal hampir semua perangkat lunak yang berjalan di OS; Namun, karena jumlah klien virtualisasi biasanya berjalan pada satu mesin, VPS umumnya memiliki waktu prosesor, RAM , dan ruang disk yang terbatas. rujukan? ]
Meskipun VMware dan Hyper-V mendominasi virtualisasi korporat di rumah, karena biaya dan keterbatasan mereka kurang umum bagi penyedia VPS, yang biasanya menggunakan produk seperti OpenVZ , Virtuozzo , Xen atau KVM . rujukan? ]

Hosting 

Banyak perusahaan menawarkan virtual private server hosting atau virtual dedicated server hosting sebagai perpanjangan layanan web hosting . Ada beberapa tantangan yang harus dipertimbangkan saat memberi lisensi perangkat lunak berpemilik di lingkungan virtual multi-penyewa.
Dengan hosting yang tidak terkelola atau dikelola sendiri , pelanggan dibiarkan mengelola server mereka sendiri.
Unmetered hosting umumnya ditawarkan tanpa batas jumlah data yang ditransfer pada jalur bandwidth tetap. Biasanya, unmetered hosting ditawarkan dengan 10 Mbit / s, 100 Mbit / s atau 1000 Mbit / s (dengan beberapa setinggi 10Gbit / s). Ini berarti bahwa pelanggan secara teoritis dapat menggunakan ~ 3 TB pada 10 Mbit / s atau sampai ~ 300 TB pada garis 1000 Mbit / s per bulan, walaupun dalam praktiknya nilainya akan jauh lebih sedikit. Di server pribadi virtual, ini akan menjadi bandwidth bersama dan kebijakan penggunaan yang adil harus disertakan. Unlimited hosting juga biasa dipasarkan namun umumnya dibatasi oleh penggunaan kebijakan dan syarat layanan yang dapat diterima. Penawaran ruang disk tak terbatas dan bandwidth selalu salah karena biaya, kapasitas carrier dan batas teknologi.

Nah sudah pahamkan mengenai VPS ini.Jadi VPS ini sangat bermanfaat untuk kita.

E.Kesimpulan

VPS (Virtual Private Server) adalah sebuah server yang dibagi menjadi beberapa VM (Virtual Machine), dimana setiap VM adalah berupa “Virtual Server” yang dapat diinstall system operasi tersendiri. VPS terasa seperti Dedicated server. 

Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SHARE DATA DI LINUX MINT MENGGUNAKAN SAMBA

Sharing With Samba!!!  A. PENDAHULUAN Hay kawan saya akan sharing mengenai tutorial untuk sharing file menggunakan jaringan di komputer melalui os linux dengan samba file sharing. saksikan yaaa. A.1 Pengertian Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan. Pengertian Sharing Data / Resource Sharing Dalam sistem terdistribusi  beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di

Apa itu Webmin ???

Asslamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan sharing mengenai webmin, apakah kalian sudah tau apa itu webmin? Kalau belum kita akan mengulasnya kali ini. Webmin   Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Like-Unix, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows.  Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol open source aplikasi, seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL.  Webmin terdiri dari web server sederhana dengan sejumlah program CGI yang langsung memperbarui file system  /etc/inetd.conf  dan  /etc/passwd . Web server dan semua program CGI yang ditulis dalam Perl v.5, dan tidak menggunakan modul Perl non-standart.   Gambaran Umum  Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl , berjalan sebagai proses sendiri dan web server .   Standarnya TCP pelabuhan 10000 untuk berkomunikasi, dan dapat dikonfi

Pengenalan Juniper Network

A.Pendahuluan          Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Introduce Juniper kepada teman-teman semua.Semoga bermanfaat bagi kita semua.         1.Pengertian Juniper Networks , Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California . Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP ( Internet Protocol ). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks , Ericsson , dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/ MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.         2.Latar Belakang Karena masih banyak dari kita yang tidak tahu mengenai Juniper,membuat saya terdorong untuk membuat artikel ini.        3.Maksud dan Tujuan Mengenal lebih dalam mengenai Juniper.        4.Hasil yang Didapatkan Dapat mengenal Juniper lebih dalam. B.Alat dan Bahan      1.PC/Laptop/Smartphone      2.Koneksi Internet C.Jangka Waktu       30 menit. D.