Langsung ke konten utama

Meremot Server Debian 8 Mennggunakan SSH dan TELNET

MEREMOT SEVER DEBIAN 8 MENNGUNAKAN SSH DAN TELNET

A. PENDAHULUAN

Hy guys, berjumpa kembali di blog saya ini. Kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana meremot server tanpa harus ke perangkatnya langsung.yup jangan banyak - banyak  bincangnya mari simak tutorial berikut ini.

A.1 Pengertian

Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Ini terkoneksi, melalui saluran aman atau melalui jaringan tidak aman, server dan klien menjalankan server SSH dan SSH program klien secara masing-masing.
Kalian bisa baca lebih lagi mengenai SSH klik disini.

Telnet (Telecommunication network) adalah sebuah protokol jaringan yang digunakan pada Internet atau Local Area Network untuk menyediakan fasilitas komunikasi berbasis teks interaksi dua arah yang menggunakan koneksi virtual terminal. TELNET dikembangkan pada 1969 dan distandarisasi sebagai IETF STD 8, salah satu standar Internet pertama. TELNET memiliki beberapa keterbatasan yang dianggap sebagai risiko keamanan.
Kalian bisa baca lebih lagi mengenai TELNET klik disini.

A.2 Latar Belakang

Sekarang dalam dunia IT seorang  administrator server sudah tidak bisa keluar masuk dalam server hanya untuk mengkonfgurasi. Karena sudah adanya teknologi baru untuk meremot server.

A.3 Tujuan

- Untuk mempermudah seorang administrator server dalam mengkonfigurasi tanpa harus ke perangkat server langsung.

A.4 Hal yang Diiginkan

Seorang administrator bisa menarapkan teknologi ini dalam  pekerjaanya.

B. ALAT DAN BAHAN

  • Laptop (media untuk meremot)
  • Komputer Server
  • Jalur Akses ke Server
  • Akses Internet

C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

D. TAHAP PELEKSANAAN

 SSH

1. Pertama hubungkan komputer server dengan komputer client agar bisa saling terkoneksi.
2. Kemudian anda masuk ke server dengan mode superuser/root.
3. Selanjutnya install ssh dengan perintah shell
#apt-get install openssh-server   <<< lalu tekan enter

4. Tekan enter tunggu sampai installasi selesai.
5. Selanjutnya konfigurasi ssh agar mode superuser/root bisa root tanpa harus  meremot user biasa dulu. Untuk perintah shellnya
#nano /etc/ssh/sshd_config  <<< lalu tekan enter 

kemudian kita ubah konfigurasi default ssh pada "PermitRootLogin" ubahlah "without-password" menjadi "yes" agar kita dapat melakukan remote access menggunakan user "root". disini kita juga bisa mengubah post sshnya yang defaultnya 22.
 Selanjutnya simpan konfigurasi dengan tekan "Ctrl+X" lalu tekan "Y" dan "enter"
6. Kemudian restart sevice sshnya supaya konfigurasi yang kita ubah bisa berjalan. Untuk perintah shellnya
#/etc/init.d/ssh restart   <<< lalu tekan enter  

7. Kemudian buka terminal client atau client bisa menggunakan putty. Untuk meremot perintah shellnya
#ssh user@ipserver  <<< lalu tekan enter 

TELNET

1. kemudian untuk telnet install telnetnya dulu pada server agar bisa diremot menngunakan telnet dengan perintah shellnya
#apt-get install telnetd  <<< lalu tekan enter 
Dibawah ini adalah packet tambahan yang diperlukan untuk menjalankan telnet. install aja. Tekan "Y" lalu "enter".

2. Selanjutnya coba remot server melalui komputer client. masuk terminal masukkan perintah shellnya
#telnet ipserver   <<< lalu tekan enter 
kemudian unutuk masuk ke mode superuser masukkan perintah seperti biasanya pada linux debian.
#su  <<<enter >>>masukkan passwordnya<<< lalu tekan enter

E. HAL YANG DIDAPATKAN

  • Mempermudah kita untuk mengkonfigurasi server atau komputer lain tanpa harus memegang perangkatnya langsung.
  • Menambah ilmu saya mengenai administrator server

F. KESIMPULAN

Dengan adanya SSH dan Telnet kita dipermudahkan untuk mekonfigurasi komputer server atau komputer lain tanpa harus memegang perangkatnya langsung.

G. REFERENSI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SHARE DATA DI LINUX MINT MENGGUNAKAN SAMBA

Sharing With Samba!!!  A. PENDAHULUAN Hay kawan saya akan sharing mengenai tutorial untuk sharing file menggunakan jaringan di komputer melalui os linux dengan samba file sharing. saksikan yaaa. A.1 Pengertian Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan. Pengertian Sharing Data / Resource Sharing Dalam sistem terdistribusi  beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di

Apa itu Webmin ???

Asslamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan sharing mengenai webmin, apakah kalian sudah tau apa itu webmin? Kalau belum kita akan mengulasnya kali ini. Webmin   Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Like-Unix, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows.  Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol open source aplikasi, seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL.  Webmin terdiri dari web server sederhana dengan sejumlah program CGI yang langsung memperbarui file system  /etc/inetd.conf  dan  /etc/passwd . Web server dan semua program CGI yang ditulis dalam Perl v.5, dan tidak menggunakan modul Perl non-standart.   Gambaran Umum  Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl , berjalan sebagai proses sendiri dan web server .   Standarnya TCP pelabuhan 10000 untuk berkomunikasi, dan dapat dikonfi

Pengenalan Juniper Network

A.Pendahuluan          Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Introduce Juniper kepada teman-teman semua.Semoga bermanfaat bagi kita semua.         1.Pengertian Juniper Networks , Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California . Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP ( Internet Protocol ). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks , Ericsson , dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/ MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.         2.Latar Belakang Karena masih banyak dari kita yang tidak tahu mengenai Juniper,membuat saya terdorong untuk membuat artikel ini.        3.Maksud dan Tujuan Mengenal lebih dalam mengenai Juniper.        4.Hasil yang Didapatkan Dapat mengenal Juniper lebih dalam. B.Alat dan Bahan      1.PC/Laptop/Smartphone      2.Koneksi Internet C.Jangka Waktu       30 menit. D.