Langsung ke konten utama

Configure Telnet and SSH on PacketTracer

Configure Telnet and SSH on PacketTracer



A.Pendahuluan
        
                Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan suatu Konfigurasi mengenai Telnet dan SSH kepada teman-teman semua.Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.


A.1 Pengertian
 Telnet
Telnet kepanjangan dari Telecommunications network protocol. Telnet adalah salah satu dari aplikasi internet yang paling tua. Telnet memungkinkan kita untuk menghubungkan “terminal” kita dengan host remote yang berada di luar jaringan. 
Secure Shell (SSH)
Secure Shell (ssh) adalah suatu protokol yang memfasilitasi sistem komunikasi yang aman diantara dua sistem yang menggunakan arsitektur client/server, serta memungkinkan seorang user untuk login ke server secara remote.
A.2 Latar Belakang
Apabila kita ingin mensetting device yang akan kita setting akan kesulitan bagi kita apabila kita berpindah dari device satu ke device yang lain.Maka dari itu Telnet dan SSH ini berfungsi untuk meremote device-device yang ingin kita setting dari jarak jauh dan hanya dengan 1 komputer
A.3 Maksud dan Tujuan
Untuk meremote suatu device menggunakan Telnet dan SSH.
A.4 Hasil yang Diharapkan
Dapat memahami maksud dari Konfigurasi ini dan bisa dalam melakukan Konfigurasinya.

B. Alat dan Bahan

    1.PC/Laptop
    2.PacketTracer download disini

C. Jangka Waktu

    -10 menit

D. Tahap Pelaksanaan

1. Telnet
Telnet kepanjangan dari Telecommunications network protocol. Telnet adalah salah satu dari aplikasi internet yang paling tua. Telnet memungkinkan kita untuk menghubungkan “terminal” kita dengan host remote yang berada di luar jaringan. Pada masa ARPANET sebelum workstation grafis atau personal komputer ditemukan, setiap orang menggunakan terminal yang terhubung dengan mainframe atau minicomputer melalui koneksi serial (gambar xx.x). Setiap terminal memiliki keyboard sebagai masukan dan monitor untuk keluaran, tanpa memiliki CPU sendiri, semua proses dijalankan dimainframe atau minicomputer.
Pada saat sekarang terminal riil seperti di atas sangat jarang, hanya ada terutama sebagai terminal emulator seperti hyperterminal pada windows (hyperterminal windows digunakan untuk mengkonfigurasi router/switch cisco).
Telnet biasanya digunakan untuk “remote login” dari PC ke PC lain dalan jaringan.Remote login semacam ini memungkinkan anda untuk menggunakan aplikasi yang berada dalam sistem remote. Remote login semacam ini hanya menyediakan koneksitext only, biasanya dalam bentuk command line prompt, seakan-akan anda duduk di terminal yang terhubung pada mesin remote.
Telnet adalah aplikasi client/server. Client mengambil karakter yang dimasukkan darikeyboard, mengirimkannya ke server dan mencetak output yang dikirim oleh server.Server melakukan lebih banyak tugas, melewatkan karakter input dari client, menginterpretasikannya sebagai perintah, membaca output dan mengirim balik ke clientuntuk dicetak ke layar.
2. Secure Shell (SSH)
Secure Shell (SSH) adalah suatu protokol yang memfasilitasi sistem komunikasi yang aman diantara dua sistem yang menggunakan arsitektur client/server, serta memungkinkan seorang user untuk login ke server secara remote. Berbeda dengan telnet dan ftp yang menggunakan plain text, SSH meng-enkripsi data selama proses komunikasi sehingga menyulitkan penyusup/intruder yang mencoba mendapatkanpassword yang tidak dienkripsi. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin secara remote. Bentuk akses remote yang bisa diperoleh adalah akses pada mode teks maupun mode grafis/X apabila konfigurasinya mengijinkan.
SSH dirancang untuk menggantikan service-service di sistem unix/linux yang menggunakan sistem plain-text seperti telnet, ftp, rlogin, rsh, rcp, dll). Untuk menggantikan fungsi ftp dapat digunakan sftp (secure ftp), sedangkan untuk menggantikan rcp (remote copy) dapat digunakan scp (secure copy).
Dengan SSH, semua percakapan antara server dan klien di-enkripsi. Artinya, apabila percakapan tersebut disadap, penyadap tidak mungkin memahami isinya. Bayangkan seandainya Anda sedang melakukan maintenance server dari jauh, tentunya dengan account yang punya hak khusus, tanpa setahu Anda, account dan password tersebut disadap orang lain, kemudian server Anda dirusak setelahnya.
Implementasi SSH yang banyak dipakai saat ini adalah OpenSSH, aplikasi ini telah dimasukkan kedalam berbagai macam distribusi linux.  Redhat Linux versi 9 sudah menyediakan program tersebut dalam format RPM.
Fitur-fitur SSH
Protokol SSH menyediakan layanan sbb.:
  • Pada saat awal terjadinya koneksi, client melakukan pengecekan apakah host yang dihubungi sudah terdaftar pada client atau tidak.
  • Client mengirimkan proses autentifikasi ke server menggunakan teknik enkrisp 128 bit.
  • Semua data yang dikirimkan dan diterima menggunakan teknik enkripsi 128 bit sehingga sangat sulit dibaca tanpa mengetahui kode enkripsinya.
  • Client dapat memforward aplikasi Xwindows / X11 ke server, layanan ini dibuat
Langsung saja kita ketahap Konfigurasinya.

=> Pertama kita buat dulu telnetnya.kita masuk pada router 1 dulu kemudian masuk pada global config,ketikkan perintah di bawa ini
RT-1(config)#line fty 0 4
RT-1(config-line)#password yolan
RT-1(config-line)#login
RT-1(config-line)#exit

=> dengan router yang sama kita membuat ssh agar dapat di remote. ketikkan perintah dibawah ini
RT-1(config)#ip domain-name
RT-1(config)#crypto key generate rsa > berikam modulus = 1024
RT-1(config)#username "username" password "terserah anda"
RT-1(config)#line vty 0 4
RT-1(config-line)#login local
RT-1(config-line)#transport input all
RT-1(config-line)#exit

=> kemudian kita mencoba untuk mermot RT-1 pada pc 0 menggunakan ssh dan telnet
pc>telnet 192.168.10.1

Telnet
blc telkom, kpli klaten, suro dhemit, linux indonesia
pc>ssh -l 192.168.10.1
SSHblc telkom, kpli klaten, suro dhemit, linux indonesia
=> nah sekaranag kita akan membuat ssh dan telnet pada switch. untuk switch kita harus membuat interface vlan
Switch(config)#int vlan 1
Switch(config-if)#ip address "masukkan ip beserta netmask nya"
Switch(config-if)#no shutdown
=> kemudian kita baru membuat telnetnya. masuk pada switch > cli > masuk pada menu global config
Switch(config)#hostname SW-1
Switch(config)#line vty 0 4
Switch(config-line)#password "terserah kalian"
Switch(config-line)#login
Switch(config-line)#exit
  => Dengan switch yang sama kita membuat ssh agar dapat di remote. ketikkan perintah dibawah ini
SW-1(config)#ip domain-name
SW-1(config)#crypto key generate rsa > berikam modulus = 1024
SW-1(config)#username "username" password "terserah anda"
SW-1(config)#line vty 0 4
SW-1(config-line)#login local
SW-1(config-line)#transport input all
SW-1(config-line)#exit

7. kemudian kita mencoba meremot switchnya dengan ssh dan telnet
 pc> ssh -l username switch
blc telkom, kpli klaten, suro dhemit, linux indonesia
 pc> telnet ip switch
blc telkom, kpli klaten, suro dhemit, linux indonesia

E.Hasil yang Didapatkan

Dapat memahami maksuda dari Konfigurasi Telnet dan SSH dan bisa dalam melakukan Konfigurasinya.

F. Kesimpulan

Telnet dan SSH ini sangat berguna bagi kita karena dengan ini kita dapat lebih efisien dalam mengkonfigurasi suatu device dengan cara meremotenya menggunakan Telnet dan SSH ini.

G. Referensi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SHARE DATA DI LINUX MINT MENGGUNAKAN SAMBA

Sharing With Samba!!!  A. PENDAHULUAN Hay kawan saya akan sharing mengenai tutorial untuk sharing file menggunakan jaringan di komputer melalui os linux dengan samba file sharing. saksikan yaaa. A.1 Pengertian Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan. Pengertian Sharing Data / Resource Sharing Dalam sistem terdistribusi  beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di

Apa itu Webmin ???

Asslamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan sharing mengenai webmin, apakah kalian sudah tau apa itu webmin? Kalau belum kita akan mengulasnya kali ini. Webmin   Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Like-Unix, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows.  Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol open source aplikasi, seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL.  Webmin terdiri dari web server sederhana dengan sejumlah program CGI yang langsung memperbarui file system  /etc/inetd.conf  dan  /etc/passwd . Web server dan semua program CGI yang ditulis dalam Perl v.5, dan tidak menggunakan modul Perl non-standart.   Gambaran Umum  Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl , berjalan sebagai proses sendiri dan web server .   Standarnya TCP pelabuhan 10000 untuk berkomunikasi, dan dapat dikonfi

Pengenalan Juniper Network

A.Pendahuluan          Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Introduce Juniper kepada teman-teman semua.Semoga bermanfaat bagi kita semua.         1.Pengertian Juniper Networks , Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California . Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP ( Internet Protocol ). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks , Ericsson , dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/ MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.         2.Latar Belakang Karena masih banyak dari kita yang tidak tahu mengenai Juniper,membuat saya terdorong untuk membuat artikel ini.        3.Maksud dan Tujuan Mengenal lebih dalam mengenai Juniper.        4.Hasil yang Didapatkan Dapat mengenal Juniper lebih dalam. B.Alat dan Bahan      1.PC/Laptop/Smartphone      2.Koneksi Internet C.Jangka Waktu       30 menit. D.