Langsung ke konten utama

Workshop INTRA di BLC Telkom Klaten (MTCNA)

 

WORKSHOP MTCNA DARI INTRA

BY DENNY DERMAWAN

 

 


 

A. PENDAHULUAN

Hy sobat berjumpa lagi bagi yang sering nongol di blog saya. Ikutin terus ya karena saya akan berbagi pengalama mengikuti workshop INTRA.

A.1 Pengertian

Kelas MTCNA merupakan kelas dasar yang harus dilewati untuk bisa mengikuti kelas-kelas tingkat mahir. Kelas ini akan membahas hampir semua fitur MikroTik namun tidak terlalu mendalam tapi dasar.

A.2 Latar Belakang

Di BLC Telkom, secara rutin (3 bulan sekali) selalu mengadakan training. Kali ini merupakan jadwal dari INTRA Training Center untuk memberikan pelatihan. Materi di hari pertama membahas tentang basic MikroTik (MTCNA).

A.3 Maksud dan Tujuan

Workshop MTCNA bersama INTRA Training Center Denny Darmawan

A.4 Hasil yang Diharapkan

Menambah pengetahuan mengenai materi MikroTik yang mungkin belum saya ketahui.

B. ALAT dan BAHAN

  • LAPTOP
  • GNS3 (yang sudah terinstall di laptop)

C. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

8 jam (Minggu, 29 Oktober 2017).

D. TAHAPAN PELAKSANAAN

- Membahas pengenalan MikroTik.
- Konfigurasi dasar MikroTik (sudah pernah saya bahas sebelumnya, lihat disini).
- Quiz LAB MikroTik OSPF :


1. OSPF routing :
router-id : berdasarkan angka router. Misal R1 berarti menggunakan router-id 1.1.1.1
2. NAT :
Client R4 tidak boleh ping client R1.
3. DHCP : untuk koneksi dari router dan client harus menggunakan DHCP dengan prefix berikut :
R1 = /27
R2 = /16
R3 = /28
R4 = /20
- Berikut langkah-langkah untuk memenuhi kisi-kisi diatas :
1. Ubah identitas masing-masing router agar mudah dalam mengidentifikasinya. Usahakan jangan menghilangkan nama MikroTik, Anda perlu menambahkan nama dibelakangnya.
#system identity set name=MikroTik-nama 
2. Selain itu, beri identitas pula pada setiap interface dari masing-masing router. Sebaiknya tambahkan comment saja.
>interface set number=n comment=nama


3. Beri IP address sesuai petunjuk yang ada untuk setiap interface yang terhubung ke client. Nah, karena disini yang diatur hanya itu, maka untuk IP lain yaitu untuk koneksi antar router saya buat /30.


4. Setelah itu, silahkan setting DHCP server bagi setiap interface router yang terhubung ke client.
>ip dhcp-server setup
5. Lalu pada client (VPCS), gunakan perintah :
>ip dhcp
>show ip


6. Setting OSPF : (semua konfig sama, hanya berbeda disisi IP saja).
a. Pada MikroTik, area sudah tersedia dengan nama backbone (area 0). Karena disini saya hanya menggunakan 1 area yaitu area backbone. Maka saya tidak perlu menambahkannya lagi.
>routing ospf area print.
b. Tambahkan interface yang membutuhkan OSPF Packet, disini saya hanya menambahkan interface yang terhubung antar router saja.
>routing ospf interface add interface=nama_interface
c. Setting router-id pada masing-masing router sesuai dengan nomor-id dari router.
>routing ospf instance set default router-id=n.n.n.n
(n disesuaikan dengan nomor-id router)
d. Terakhir setting Advertise Network dengan menambahkan network dari setiap ip interface router.
>routing ospf network add network=ip_network 


7. Selanjutnya untuk kategori NAT dengan kisi-kisi antar client R4 dan R1 tidak diizinkan untuk saling terkoneksi, saya mengunakan firewall filter rule dengan konsep accept few drop any. Mengapa? Karena disini antar router dan client menggunakan DHCP yang berarti IP client dapat berubah-ubah, maka saya hanya mengizinkan akses ke router (accept few) namun tidak untuk client (drop-any). Untuk konfigurasi bagian ini, saya hanya melakukannya pada R1 dan R4.


8. Setelah itu lakukan uji coba antar client maupun antar router. Pastikan koneksi antar router tidak bermasalah. Disini, hasil ping antar client R1 dan R4 harus timeout untuk memastikan blocking berhasil.





E. HASIL YANG DIDAPATKAN
Mendapatkan tantangan baru mengenai LAB OSPF.

F. TEMUAN PERMASALAHAN
Pertama kali saya mencoba untuk memblok akses antar client (R1&R4) menggunakan chain input dan hasilnya tidak berhasil. Namun setelah saya coba menggunakan chain forward, hasilnya berhasil.

G. KESIMPULAN
Sesuai dengan cara kerjanya, kita hanya perlu memperkenalkan network dari router agar dikenali oleh yang lain. OSPF juga membutuhkan timbal balik yang artinya router lawan juga harus menggunakan protokol routing ini pula. Untuk masalah blocking, hanya dibutuhkan fokus dan kemudahan dalam identifikasi perangkat/interface saja. Itulah alasannya mengapa identitas sangat penting disini.

H. REFERENSI
Darmawan, Denny. 2017. “MikroTik Fundamental” : INTRA Training Center.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SHARE DATA DI LINUX MINT MENGGUNAKAN SAMBA

Sharing With Samba!!!  A. PENDAHULUAN Hay kawan saya akan sharing mengenai tutorial untuk sharing file menggunakan jaringan di komputer melalui os linux dengan samba file sharing. saksikan yaaa. A.1 Pengertian Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan. Pengertian Sharing Data / Resource Sharing Dalam sistem terdistribusi  beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di

Apa itu Webmin ???

Asslamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan sharing mengenai webmin, apakah kalian sudah tau apa itu webmin? Kalau belum kita akan mengulasnya kali ini. Webmin   Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Like-Unix, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows.  Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol open source aplikasi, seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL.  Webmin terdiri dari web server sederhana dengan sejumlah program CGI yang langsung memperbarui file system  /etc/inetd.conf  dan  /etc/passwd . Web server dan semua program CGI yang ditulis dalam Perl v.5, dan tidak menggunakan modul Perl non-standart.   Gambaran Umum  Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl , berjalan sebagai proses sendiri dan web server .   Standarnya TCP pelabuhan 10000 untuk berkomunikasi, dan dapat dikonfi

Pengenalan Juniper Network

A.Pendahuluan          Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Introduce Juniper kepada teman-teman semua.Semoga bermanfaat bagi kita semua.         1.Pengertian Juniper Networks , Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California . Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP ( Internet Protocol ). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks , Ericsson , dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/ MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.         2.Latar Belakang Karena masih banyak dari kita yang tidak tahu mengenai Juniper,membuat saya terdorong untuk membuat artikel ini.        3.Maksud dan Tujuan Mengenal lebih dalam mengenai Juniper.        4.Hasil yang Didapatkan Dapat mengenal Juniper lebih dalam. B.Alat dan Bahan      1.PC/Laptop/Smartphone      2.Koneksi Internet C.Jangka Waktu       30 menit. D.