Langsung ke konten utama

Apa itu Webmin ???


Asslamualaikum Wr. Wb.
Kali ini saya akan sharing mengenai webmin, apakah kalian sudah tau apa itu webmin? Kalau belum kita akan mengulasnya kali ini.

Webmin

 Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Like-Unix, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows. Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol open source aplikasi, seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL.
 Webmin terdiri dari web server sederhana dengan sejumlah program CGI yang langsung memperbarui file system /etc/inetd.conf dan /etc/passwd. Web server dan semua program CGI yang ditulis dalam Perl v.5, dan tidak menggunakan modul Perl non-standart.

 

Gambaran Umum

 Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl , berjalan sebagai proses sendiri dan web server . Standarnya TCP pelabuhan 10000 untuk berkomunikasi, dan dapat dikonfigurasi untuk menggunakan SSL jika OpenSSL diinstal dengan tambahan yang dibutuhkan Perl Modules.
  Hal ini dibangun di sekitar modul , yang memiliki antarmuka ke file konfigurasi dan server Webmin. Hal ini membuat mudah untuk menambahkan fungsi baru.Karena desain modular Webmin ini, sangat mungkin bagi siapa saja yang tertarik untuk menulis plugin untuk desktop yang konfigurasi.
  Webmin juga memungkinkan untuk mengendalikan banyak mesin melalui antarmuka tunggal, atau login mulus di webmin host lain pada subnet yang sama atau LAN .

 

Software Terkait

 Webmin dapat diperluas dengan modul yang bisa dibuat khusus. Selain ini, ada dua proyek besar lainnya yang memperluas fungsionalitas dari webmin:
  1. Usermin adalah antarmuka berbasis web untuk webmail, perubahan kata sandi, filter email, fetchmail dan banyak lagi. Ini dirancang untuk digunakan oleh pengguna non-root reguler pada sistem Unix, dan membatasi mereka untuk tugas yang dapat mereka lakukan jika masuk melalui SSH atau di konsol. Lihat halaman modul standar untuk daftar semua fungsi yang ada di dalam usermin.
  2. Virtualmin Virtualmin adalah modul Webmin untuk mengelola beberapa host virtual melalui satu antarmuka, seperti Plesk atau Cpanel. Ini mendukung pembuatan dan pengelolaan host virtual Apache, domain DNS BIND, database MySQL, dan kotak pesan dan alias dengan Sendmail atau Postfix. Ini menggunakan modul Webmin yang ada untuk server ini, dan karenanya harus bekerja dengan konfigurasi sistem yang ada, daripada membutuhkan server surat itu sendiri, server web dan sebagainya.

    Virtualmin juga dapat membuat user webmin untuk setiap server virtual, yang dibatasi untuk mengelola hanya domain dan file-nya. Webmin sudah mempunyai modul akses kontrol yang bisa digunakan, dan disiapkan secara otomatis untuk membatasi pengguna dengan tepat. Administrator server ini juga dapat mengelola kotak pesan dan alias surat di domain mereka, melalui antarmuka web yang merupakan bagian dari modul.
Webmin dirilis Minecraft Server Modul 1.0 pada Januari 2013, dan versi 1.1 pada bulan Maret 2013. Modul menyajikan GUI yang sangat dasar untuk administrasi server. Sementara aplikasi manajemen server Multicraft dapat dirancang lebih sleekly, versi gratis dari Multicraft terbatas pada 10 pemain simultan. Webmin Minecraft server gratis dan open source tanpa pembatasan pemain simultan.

Webmin License

 Versi webmin terbaru sekarang berada di bawah BSD-Like Lisense, berarti bahwa webmin bebas didistribusikan dan dimodifikasi untuk penggunaan komersial dan non-komeersial.

Webmin mendukung konesp modul (seperi plugin PhotoShop) maka karena itu, siapa pun bisa mengembangkan dan mendistribusikan modul Webmin mereka masing - masing untuk tujuan apapun, dan mendistribusiannya dibawah lisensi (GPL-Like Comercial atau Shareware) .

Itu saja dari saya yang bisa saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf. Wassalammualikum Wr.Wb
Referensi :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SHARE DATA DI LINUX MINT MENGGUNAKAN SAMBA

Sharing With Samba!!!  A. PENDAHULUAN Hay kawan saya akan sharing mengenai tutorial untuk sharing file menggunakan jaringan di komputer melalui os linux dengan samba file sharing. saksikan yaaa. A.1 Pengertian Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan. Pengertian Sharing Data / Resource Sharing Dalam sistem terdistribusi  beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di

Pengenalan Juniper Network

A.Pendahuluan          Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Introduce Juniper kepada teman-teman semua.Semoga bermanfaat bagi kita semua.         1.Pengertian Juniper Networks , Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California . Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP ( Internet Protocol ). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks , Ericsson , dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/ MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.         2.Latar Belakang Karena masih banyak dari kita yang tidak tahu mengenai Juniper,membuat saya terdorong untuk membuat artikel ini.        3.Maksud dan Tujuan Mengenal lebih dalam mengenai Juniper.        4.Hasil yang Didapatkan Dapat mengenal Juniper lebih dalam. B.Alat dan Bahan      1.PC/Laptop/Smartphone      2.Koneksi Internet C.Jangka Waktu       30 menit. D.