Langsung ke konten utama

Jadi Professional yukk!!!

PROFESIONAL???


A. Pendahuluan

Oke agan-agan yang sering kunjungin blog saya. Sekarang saya mau berbagi mengenai menjadi profesional.

A.1 Pengertian


Pekerjaan adalah suatu hubungan yang melibatkan dua pihak antara perusahaan dengan para pekerja/karyawan.
Hasil kerja (bahasa Inggris: deliverable) adalah objek berwujud atau tak berwujud yang merupakan hasil pelaksanaan proyek, sebagai bagian dari suatu kewajiban atau obligasi. Intinya, orientasi dari suatu pekerjaan adalah hasil. Salah satu contoh implementasinya adalah di BLC Telkom yang setiap harinya peserta PKL wajib membuat laporan kerja dengan memposting kegiatan kerja di blog sebagai hasil/orientasi kerja.
Profesional adalah istilah bagi seseorang yang menawarkan jasa atau layanan sesuai dengan protokol dan peraturan dalam bidang yang dijalaninya dan menerima gaji sebagai upah atas jasanya.

A.2 Latar Belakang

Memberikan kesadaran akan pentingnya rasa profesionalitas terhadap suatu pekerjaan.

A.3 Maksud dan Tujuan

Mempelajari tentang unsur-unsur kerja profesional.

A.4 Hasil yang Diharapkan

Dapat menerapkan tentang konsep kerja profesional.

B. Alat dan Bahan


  • Komputer.
  • Referensi.

C. Jangka Waktu Pelaksanaan

2 Jam

D. Proses dan Tahapan Pelaksanaan

- Membahas tentang assessment.
Assessment adalah suatu proses untuk mengetahui kemampuan seseorang, terhadap suatu kompetensi, berdasarkan bukti-bukti. Nah, siswa SMK sekarang ini dituntut untuk mempunyai skill dan berkomptensi. Terdapat beberapa cara sebagai bentuk pembuktian, diantaranya adalah bersertifikasi.
- Membahas tentang kerja profesional.
Ciri-ciri profesional :
1. Menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.
2. Tidak melempar tanggung jawab.
3. Memiliki motivasi yang tinggi.
4. Memiliki kepercayaan diri yang tinggi.
5. Bersedia menerima kritik.
6. Melakukan yang terbaik pada hari terburuk mereka.
7. Tidak menunggu datangnya ide, melainkan menciptakannya.
8. Bersedia memberikan bantuan.
Tips menjadi profesional :
1. Menguasai konsep dasar.
2. Memiliki rencana dan program kerja yan jelas.
3. Memiliki tanggung jawab yang tinggi.
4. Berpengalaman dan menguasai sesuai bidangnya.
5. Selalu berpegang pada SOP, K3, & ketentuan yang ada.
- Membahas tentang roadmap.
1. Pengertian : Roadmap adalah rencana strategis yang menjelaskan tahapan yang perlu dilakukan dalam mencapai tujuan organisasi pada jangka pendek, menengah, dan panjang.
2. Tujuan : Pemodelan/target akhir bauran.
3. Tahapan : Target tahunan/periodik.
4. Hambatan dan tantangan : Hambatan dan permasalahan yang dihadapi.
5. Rencana aksi : Aksi yang akan dilakukan terkait teknologi, kebijakan, pendanaan, dan lain-lain.
6. Prioritas dan jangka waktu : Aksi utama.
Penjelasan :
1. Persiapan dan perencanaan : Pemilihan tenaga ahli, rencana, dan jadwal kerja
2. Visioning : Pemodelan untuk kebutuhan di masa depan. Hal ini memerlukan workshop para ahli pemodelan untuk pastikan asumsi/variabel yang digunakan.
3. Pengembangan roadmap : Review kesiapan teknologi, ekonomi, kebijakan, dan pengembangannya ke depan.
4. Implementasi roadmap : Publikasi di website dan media.
Kunci keberhasilan :
1. Semakin banyak ahli yang terlibat maka semakin tajam analisis dan semakin bisa diterima oleh berbagai pihak.
2. Pilih tenaga ahli yang tepat/kompeten dari berbagai pemangku kepentingan.
3. Perlu workshop untuk kesepakatan tujuan, target, asumsi (biaya, kinerja teknologi), hambatan institusional dan teknis, menentukan tahapan teknologi dan strategi implementasi aksi yang disusun.
4. Lakukan analisis skenario baseline dan skenario kebijakan yang diinginkan.
4.a Analisis teknologi meliputi harga/biaya, kinerja, kesiapan, pabrikan, vendor, penetrasi pasar, dan keterbatasan.
4.b Analisis kondisi pasar.
4.c Analisis kondisi kebijakan meliputi peraturan perundangan berlaku yang mempengaruhi teknologi dan pasar di roadmap.
4.d Data dan analisis : Setiap argumen berdasarkan data.

E. Hasil yang Didapatkan

Mendapat pengetahuan mengenai apa itu kerja profesional hingga roadmap.

F. Kesimpulan yang Didapatkan

Kerja profesional adalah suatu bentuk kegiatan yang mencerminkan bahwa pekerja tersebut mempunyai nilai produktifitas yang tinggi dan bermoral, yang artinya bertanggungjawab atas pekerjaannya, serta selalu berpegang pada SOP, K3, dan ketentuan yang ada.

G. Referensi dan Daftar Pustaka

Dhemit, Suro. BLC Telkom Klaten.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SHARE DATA DI LINUX MINT MENGGUNAKAN SAMBA

Sharing With Samba!!!  A. PENDAHULUAN Hay kawan saya akan sharing mengenai tutorial untuk sharing file menggunakan jaringan di komputer melalui os linux dengan samba file sharing. saksikan yaaa. A.1 Pengertian Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan. Pengertian Sharing Data / Resource Sharing Dalam sistem terdistribusi  beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di

Apa itu Webmin ???

Asslamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan sharing mengenai webmin, apakah kalian sudah tau apa itu webmin? Kalau belum kita akan mengulasnya kali ini. Webmin   Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Like-Unix, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows.  Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol open source aplikasi, seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL.  Webmin terdiri dari web server sederhana dengan sejumlah program CGI yang langsung memperbarui file system  /etc/inetd.conf  dan  /etc/passwd . Web server dan semua program CGI yang ditulis dalam Perl v.5, dan tidak menggunakan modul Perl non-standart.   Gambaran Umum  Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl , berjalan sebagai proses sendiri dan web server .   Standarnya TCP pelabuhan 10000 untuk berkomunikasi, dan dapat dikonfi

Pengenalan Juniper Network

A.Pendahuluan          Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Introduce Juniper kepada teman-teman semua.Semoga bermanfaat bagi kita semua.         1.Pengertian Juniper Networks , Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California . Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP ( Internet Protocol ). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks , Ericsson , dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/ MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.         2.Latar Belakang Karena masih banyak dari kita yang tidak tahu mengenai Juniper,membuat saya terdorong untuk membuat artikel ini.        3.Maksud dan Tujuan Mengenal lebih dalam mengenai Juniper.        4.Hasil yang Didapatkan Dapat mengenal Juniper lebih dalam. B.Alat dan Bahan      1.PC/Laptop/Smartphone      2.Koneksi Internet C.Jangka Waktu       30 menit. D.