Standart Operasional Prosedur (SOP)
A. Pendahuluan
Hay saya akan berbagi mengenai SOP (Standart Operasional Prosedur).A.1 Pengertian
Standart Operasional Prosedur (SOP) adalah dokumen yang berkaitan dengan prosedur yang dilakukan secara kronologis untuk menyelesaikan suatu pekerjaan yang bertujuan untuk memperoleh hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja.A.2 Latar Belakang
Masih Banyak orang yang belum mengerti tentang prosedur bekerja yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.Manfaat Adanya Standart Operasional Prosedur (SOP)
- Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai
- dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
- Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
- Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.
- Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
- Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
- Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
- Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
- Memberikan informasi mengenai kualifikasi hasil kerja yang paling efektif dari para pekerja.
A.3 Tujuan
- Agar pekerja menjaga konsistensi dan tingkat kinerja pekerja atau tim dalam organisasi.
- Agar mengetahui dangan jelas peran dan fungsi tiap - tiap posisidalam organisasi.
- Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dara pekerja.
- Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
- Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
- Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak
- Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dala bekerja.
- Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
- SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana,menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten.
- Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan
- SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai.
- Menentukan tujuan yang ingin dicapai.
- Membuat rancangan awal.
- Melakukan evaluasi internal.
- Melakukan evaluasi eksternal.
- Melakukan uji coba.
- Menempatkan prosedur pada unit terkait.
- Menjalankan prosedur yang sudah dibuat.
- Setiap pelaksanaan mengetahui SOP yang baru disusun dan alasan perubahannya.
- Salinan/kopi SOP disebarluaskan sesuai kebutuhan dan siap diakses oleh semua pengguna potensial.
- Setiap pelaksanaan mengetahui perannya dalam SOP dan dapat menggunakan semua pengetahuan dan kemampuan yang dimiliki untuk menerapkannya secara aman dan efektif.
- Ada mekanisme untuk memonitor/memantau kinerja, mengidentifikasi masalah-masalah yang mungkin timbul, dan menyediakan dukungan dalam proses penerapan SOP.
Komentar
Posting Komentar