Langsung ke konten utama

APA ITU OSI LAYER ?




Pengertian
OSI adalah standar komunikasi yang diterapkan di dalam jaringan komputer. Standar itulah yang menyebabkan seluruh alat komunikasi dapat saling berkomunikasi melalui jaringan. Model referensi OSI (Open System Interconnection) menggambarkan bagaimana informasi dari suatu software aplikasi di sebuah komputer berpindah melewati sebuah media jaringan ke suatu software aplikasi di komputer lain. OSI diciptakan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. Model referensi OSI secara koseptual terbagi mejadi 7 lapisan dimana masing - masing lapisan memiliki fungsi jaringan yang spesifik.

Macam - Macam OSI Layer

1. Physical Layer
Merupakan layer yang berhubungan dengan segala bentuk hubungan koneksi jaringan secaa fisik, dimana kebanyakan berhubungan degngan perangkat keras sebuah jaringan komputer, seperti hub, switch, server, dan juga client. Fungsi utama dari layer physical ini adalah melakukan sinkronisasi dari bit data, mendefinisikan LAN Card, dan juga melakukan definisi struktur jaringan dan media transmisi jaringan.

Media Fisik yang Memanfaatkan Lapisan Pysical Layer pada OSI Layer:

  • Kabel
- Kabel UTP merupakan kependekan dari Unshielded Twisted Pair, yang merupakan jenis kabel yang banyak digunakan pada jaringan LAN dan jaringan kabel. Memiliki harga yang murah dan ekonomis, namun terkadang masih sering mengalami gangguan terhadap sinyal frekuensi radio. Kecepatan transfer data berkisar antara 10 hingga 100 Mbps, dengan panjang maksimum 100 meter.



- Kabel coaxial merupakan jenis kabel yang dapat digunakan dengan jarak lebih dari 500 meter. Kabel ini memiliki konstruksi yang sama dengan kabel antenna televisi yang biasa digunakan di rumah anda, dengan kecepatan transfer data antara 10 hingga 100 Mbps.

- Kabel Fiber Optic memilki banyak keunggulan yang jauh lebih unggul dibandingkan jenis kabel lainnya. Baik itu dari segi kecepatan transfer, kemudahan instalasi, hingga ketahanan terhadap noise. Mampu digunakan dengan panjang hingga lebih dari 3 KM, dan menghasilkan transfer speed lebih dari 100 Mbps dan bisa mencapai satuan Gbps.

2. Data Link Layer
Merupakan layer ke-6 bagi transmitter dan juga layer kedua bagi receiver dalam OSI Layer. Fungsi dari layer ini adalah melakukan pengelompokkan frame pada perangkat keras jaringan yang digunakan.

3. Network Layer
Merupakan layer yang memiliki fungsi utama untuk membantu mendefinisikanIP address pada setiap komputer, baik user maupun server. Ketika IP address sudah terdefinisikan, maka proses routing dan tranmisi paket data di dalam sebuah jaringan komputer akan berjalan dengan lancar dan baik.

4. Transport Layer
Transport layer adalah lapisan keempat dari model referensi jaringan OSI. Lapisan transpor bertanggung jawab untuk menyediakan layanan-layanan yang dapat diandalkan kepada protokol-protokol yang terletak di atasnya.

5. Session Layer
Lapisan sesi atau Session layer adalah lapisan kelima dari bawah dalam model referensi jaringan OSI, yang mengizinkan sesi koneksi antara node dalam sebuah jaringan dibuat atau dihancurkan. Lapisan sesi tidak tahu menahu mengenai efisiensi dan keandalan dalam transfer data antara node-node tersebut, karena fungsi-fungsi tersebut disediakan oleh empat lapisan di bawahnya dari dalam model OSI (lapisan fisik, lapisan data-link, lapisan jaringan dan lapisan transport). Lapisan sesi bertanggung jawab untuk melakukan sinkronisasi antara pertukaran data antar komputer, membuat struktur sesi komunikasi, dan beberapa masalah yang berkaitan secara langsung dengan percakapan antara node-node yang saling terhubung di dalam jaringan.

6. Presentation Layer
Presentation layer jaringan komputer merupakan sebuah lapisan yang berada pada model lapisan OSI layer, yang berada pada level atau lapisan kedua ketika sebuah data atau informasi akan dikirim, dan berada pada layer ke enam pada saat sebuah data akan diterima oleh user. Layer presentation ini memiliki fungsi utama sebagai penerjemah, yaitu menterjemahkan aplikasi menjadi bentuk data yang akan ditransmiiskan ke layer – layer berikutnya, dan juga sebaliknya, yaitu mentranslasikan atau menterjemahkan data – data ke dalam bentuk aplikasi.

7. ApplicationLayer
Application layer merupakan layer atau lapisan teratas pada model OSI reference ketika user akan mengirimkan pesan dan menjadi layer atau lapisan terakhir pada sistem OSI Reference model ketika user akan menerima sebuah pesan. Sesuai dengan namanya, application layer merupakan layer atau lapisan yang bekerja pada program – program tertentu, dimana application layer sendiri bekerja pada komputer server ataupun komputer client.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SHARE DATA DI LINUX MINT MENGGUNAKAN SAMBA

Sharing With Samba!!!  A. PENDAHULUAN Hay kawan saya akan sharing mengenai tutorial untuk sharing file menggunakan jaringan di komputer melalui os linux dengan samba file sharing. saksikan yaaa. A.1 Pengertian Samba adalah sebuah software yang bekerja di sistem operasi linux, unix dan windows yang menggunakan protokol network smb (server massage block). Smb adalah sebuah protokol komunikasi data yang juga digunakan oleh Microsoft dan OS/2 untuk menampilkan fungsi jaringan client-server yang menyediakan sharing file dan printer serta tugas-tugas lainnya yang berhubungan. Pengertian Sharing Data / Resource Sharing Dalam sistem terdistribusi  beberapa komputer yang berbeda saling terhubung satu sama lain melalui jaringan sehingga komputer yang satu dapat mengakses dan menggunakan sumber daya yang terdapat dalam situs lain. Misalnya, user di komputer A dapat menggunakan laser printer yang dimiliki komputer B dan sebaliknya user di situs B dapat mengakses file yang terdapat di

Apa itu Webmin ???

Asslamualaikum Wr. Wb. Kali ini saya akan sharing mengenai webmin, apakah kalian sudah tau apa itu webmin? Kalau belum kita akan mengulasnya kali ini. Webmin   Webmin adalah alat konfigurasi sistem berbasis web untuk sistem Like-Unix, meskipun versi terbaru juga dapat diinstal dan dijalankan pada Windows.  Dengan itu, adalah mungkin untuk mengkonfigurasi internal sistem operasi, seperti pengguna, kuota disk, jasa atau file konfigurasi, serta memodifikasi dan mengontrol open source aplikasi, seperti Apache HTTP Server , PHP atau MySQL.  Webmin terdiri dari web server sederhana dengan sejumlah program CGI yang langsung memperbarui file system  /etc/inetd.conf  dan  /etc/passwd . Web server dan semua program CGI yang ditulis dalam Perl v.5, dan tidak menggunakan modul Perl non-standart.   Gambaran Umum  Webmin sebagian besar didasarkan pada Perl , berjalan sebagai proses sendiri dan web server .   Standarnya TCP pelabuhan 10000 untuk berkomunikasi, dan dapat dikonfi

Pengenalan Juniper Network

A.Pendahuluan          Assalammu'alaikum Wr,Wb teman-teman semua.Kali ini saya akan memberikan materi mengenai Introduce Juniper kepada teman-teman semua.Semoga bermanfaat bagi kita semua.         1.Pengertian Juniper Networks , Inc. adalah perusahaan Teknologi Informasi yang bermarkas di Sunnyvale, California . Perusahaan ini mendesain dan menjual layanan dan perangkat-perangkat jaringan IP ( Internet Protocol ). Juniper juga bekerjasama dengan Nokia Siemens Networks , Ericsson , dan Alcatel-Lucent dalam menyediakan solusi jaringan IP/ MPLS (Multiprotocol Label Switching) bagi pelanggan.         2.Latar Belakang Karena masih banyak dari kita yang tidak tahu mengenai Juniper,membuat saya terdorong untuk membuat artikel ini.        3.Maksud dan Tujuan Mengenal lebih dalam mengenai Juniper.        4.Hasil yang Didapatkan Dapat mengenal Juniper lebih dalam. B.Alat dan Bahan      1.PC/Laptop/Smartphone      2.Koneksi Internet C.Jangka Waktu       30 menit. D.